Sabtu, 26 Januari 2013

Banyak kebiasaan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa kita sadari berdampak buruk terhadap otak kita gan, berikut kebiasaan yang sebaiknya kita hindari :

1. TIDAK MAU SARAPAN
Banyak orang yang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengonsumsi makanan apa pun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini mengakibatkan kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

2. MAKAN BERLEBIHAN
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menyebabkan menurunnya kekuatan mental. Jadi, makanlah dalam porsi yang normal. Biasakanlah menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum Anda kekenyangan.
Dalam Islam sudah ada petunjuk untuk berhenti makan sebelum kenyang dan makan setelah lapar.

3. MEROKOK
Inilah sebabnya bangsa Yahudi tidak merokok walaupun mereka penghasil rokok karena bangsa Yahudi tahu bahwa merokok bisa membuat mereka dan keturunan mereka menjadi bodoh. Jika rokok memiliki segudang efek buruk, semua orang pasti sudah tahu. Ada satu lagi efek buruk rokok yang terungkap di sini: merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak! Bayangkan, otak manusia lama-kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin mengisap benda berasap itu. Tak ayal di waktu tua, bahkan pada saat masih muda sekalipun, perokok rawan menderita penyakit alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun).
Salah satu bukti kebodohan para perokok adalah menyangkal pendapat ini.

4. TERLALU BANYAK MENGONSUMSI ZAT GULA
Terlalu banyak asupan kadar gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. POLUSI UDARA
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien. Ini juga yang mungkin menyebabkan para sopir metromini yang setiap hari menghirup asap bus, menjadi bodoh sehingga mereka tidak mengerti rambu-rambu lalu lintas dan tidak mengerti perasaan orang lain.

6. KURANG TIDUR
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat Anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.

7. MENUTUP KEPALA KETIKA TIDUR
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama-kelamaan otak menjadi rusak.

8. BERPIKIR TERLALU KERAS KETIKA SEDANG SAKIT
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan memforsir otak Anda.

9. KURANG STIMULASI OTAK
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca (tapi bukan bacaan porno), mendengar musik, dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak Anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

10. JARANG BICARA
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi, jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan Anda. Aktivitas berbicara dapat merangsang otak untuk berpikir dan mengolah kata-kata yang hendak diucapkan. Berbicara juga merangsang aktivitas organ pendengaran. Karena itu, bagi beberapa kalangan, membaca dengan mengeraskan suara akan mempermudah penghafalan. Contohnya para penghafal Al-Qur`an.

11. TERLALU BANYAK NONTON TV
Kebanyakan menonton tv bisa mengakibatkan kebodohan, apalagi kebanyakan nonton bokep. Aktivitas menonton adalah aktivitas pasif yang membuat otak hanya menikmati, bukan berpikir.
Menontonlah seperlunya dan bukan pada jam-jam produktif. Tontonlah tayangan yang merangsang otak untuk berpikir, seperti tayangan ilmiah, masak-memasak, cerdas cermat, dan lain-lain.

12. MINUM-MINUMAN BERALKOHOL
Alkohol atau khamr sangat berbahaya karena dapat merusak hati, padahal hati berfungsi sebagai penawar racun. Bila hati rusak, darah beracun akan sampai ke otak. Khamr akan melemahkan bagian-bagian otak yang memiliki fungsi melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih rumit. Selaput otak akan kehilangan kemampuannya untuk menguraikan persoalan-persoalan. Khamr juga mengganggu sentral-sentral pernafasan otak.

13. BEGADANG
Kalo yang ini, Bang Rhoma juga sudah bilang kan? "Begadang jangan begadang kalau tiada artinya…." Begadang membuat otak kita tidak beristirahat pada waktu yang seharusnya ia beristirahat.

14. TERLALU LAMA MENGGUNAKAN HP
Ini bisa diakibatkan oleh gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh Hp, yang mengganggu perkembangan otak.

0 komentar:

Posting Komentar